by

Akses Jalan di Cipatat Terputus Akibat Longsor

BandungKita.id, KBB – Longsor akibat curah hujan yang tinggi menutupi ruas Jalan Rajamandala-Cipongkor di Blok Cengkrong, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat pada Senin (15/11/2021).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo menjelaskan, longsor tersebut mengakibatkan kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melintas. Mengingat, material longsor menutupi sebagian badan jalan tersebut.

“Hingga siang ini belum bisa dilalui kendaraan,” ujarnya saat dihubungi BandungKita, Selasa (16/11/2021).

Ia menjelaskan, pihaknya bersama instansi terkait dan warga sekitar saat ini masih melakukan pembersihan material longsor dengan menggunakan alat berat di sejumlah titik.

“Akses jalan masih sedang dibuka menggunakan alat berat. Belum bisa dilalui ada sekitar 4-5 titik yang tertutup longsor,” katanya.

Baca Juga

Longsor Terjang Dua Lokasi di Cipatat Bandung Barat

Waduh! KBB Siaga Bencana

Lebih lanjut, diterangkan bahwa longsor terjadi sekitar pukul 16.00 WIB akibat hujan deras yang terjadi sejak kemarin siang. Tak hanya itu, faktor penyebab longsor karena vegetasi lingkungan yang buruk.

“Penyebab kejadian karena hujan lebat, tanah jenuh, kelerengan tanah curam, dan drainase tersumbat,” terang Duddy.

Duddy menambahkan, dalam peristiwa ini tidak sampai menelan korban jiwa. Ia pun mengingatkan, agar pengendara agar selalu berhati-hati ketika terjadi hujan deras.

“Tidak ada korban jiwa,” pungkasnya. (Faqih Rohman Syafei)

Comment