Waduh! Dua Bulan Terakhir 51 Bencana Terjadi di Bandung Barat

BandungRayaKita, KBB38067 Views

Bandungkita.id, KBB – Terdapat 51 kejadian bencana sepanjang Januari-Februari pada tahun 2023 ini di Kabupaten Bandung Barat. Musim hujan yang terus terjadi sejak awal tahun, membuat berbagai bencana terjadi di KBB.

Tanah longsor menjadi bencana yang kerap terjadi di sejumlah wilayah KBB. Terdapat 16 kejadian longsor dalam dua bulan terakhir terutama saat intensitas hujan tinggi mengguyur langit KBB.

“Dari 51 kejadian tersebut terdiri dari 16 kejadian tanah longsor, kemudian pergerakan tanah ada tiga lokasi, kemudian angin puting beliung sudah ada 18 kejadian,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD KBB, Yan Cahya Djuarsa, kepada Bandungkita.id, Senin (6/3/2023).

Baca Juga:

Jalan Kampung Cisaronge Cihampelas Rusak, Dua Tahun Tak Ada Perhatian dari Pemkab Bandung Barat

Hujan Deras, Cisarua Diterjang Longsor

Akibat Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Pagar dan Taman di Komplek Pemda KBB

Cahya mengatakan, 51 kejadian tersebut berdampak pada beberapa sektor termasuk faislitas umum hingga rumah warga. Namun ia memastikan tidak ada korban jiwa dari berbagai bencana tersebut.

“Total rumah rusak 40 unit, kemudian korban orang luka 13 orang dan fasum-fasum yang terdampak 9 tempat. Kemudian jiwa yang terdampak bencana ringan berat dan sedang itu ada 169 orang. Korban jiwa tidak ada,” bebernya.

Cahya mengaku, pihaknya terus melakukan pemetaan terutama daerah yang rawan bencana. Selain itu, berbagai kebutuhan penanganan di daerah bencana seperti longsor terus didistribusikan agar tidak berdampak lebih besar ke masyarakat.

Video Pilihan:

“Kedapannya kita berkordinasi dengan dinas dinas terkait seperti dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kesehatan,” tegasnya.

Comment