by

H-8 Lebaran, Arus Lalu Lintas di Limbangan Mulai Padat

BandungKita.id, GARUT – Arus lalu lintas di Jalan Limbangan-Malangbong, Kabupaten Garut nampak telah terjadi peningkatan volume kendaraan. Padahal, Hari Raya Idulfitri masih tersisa delapan hari lagi.

Pantauan BandungKita.id di lapangan, titik kemacetan siang ini terjadi di depan Pasar Limbangan. Tampak kemacetan terjadi karena banyaknya kendaraan yang parkir di depan Pasar.

Lahan parkir yang sempit membuat sebagian kendaraan menyimpan kendaraan roda dua atau roda empat di pinggir jalan. Kemacetan pun terjadi sepanjang tiga kilometer.

Baca juga:

Lima Puluh Ribu Kendaraan Pemudik Diprediksi Bakal Melintasi Ruas Tol Purbaleunyi, Ini yang Dilakukan PT Jasa Marga

 

Selain akibat kendaraan yang parkir di bahu jalan, Delman yang masih beroperasi juga jadi salah satu penyebab kemacetan. Pasalnya, delman baru dilarang untuk beroperasi pada H-3 lebaran.

Sejumlah pemudik pun mulai memadati jalur selatan Jawa Barat. Pemudik yang memakai mobil mendominasi jalan dari arah Bandung menuju Tasikmalaya.

“Saya sengaja mudik lebih awal biar enggak kena macet. Tadi macet sebelum Pasar Limbangan,” ujar Yana (34), pemudik asal Solo, Selasa (28/5/2019).

Ia menyebut, kemacetan terjadi karena adanya aktivitas warga di pasar. Selain itu, laju kendaraan terhambat karena kendaraan parkir di pinggir jalan.

“Banyak yang keluar masuk kendaraan. Jadi bikin macet,” katanya.

Baca juga:

2.054 Personel Polisi Siap Amankan Mudik Lebaran di Kota Bandung

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Garut, Suherman memprediksi jumlah kendaraan pemudik yang menggunakan jalur selatan akan meningkat. Banyak pemudik yang enggan memakai jalan tol Trans Jawa karena ongkos yang mahal.

“Info dari pusat, peningkatannya ke jalur selatan sekitar 46 persen dibanding tahun lalu. Kalau pakai tol itu terlalu capek. Beda dengan jalan biasa,” ujar Suherman usai meninjau jalur Limbangan.***(M Nur el Badhi)

Editor: Restu Sauqi

Comment