oleh

Wakil Wali Kota Bandung Prihatin Banyak Miras Ditemukan di Bulan Ramadan

BandungKita.id, BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku prihatin lantaran masih ditemukan puluhan ribu botol miras di Kota Bandung selama bulan suci Ramadaan 1440 Hijriah.

Hal tersebut diungkapkan Yana, saat menghadiri pemusnahan ribuan barang bukti minuman beralkohol serta miras oplosan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Rabu (29/5/2019).

“Kami cukup prihatin dengan jumlah minuman beralkohol yang besar ini, hampir 39 ribu botol. Menurut laporan ada beberapa yang diperoleh waktu bulan Suci Ramadan,” kata Yana.

Baca juga:

Cegah Bahaya Miras, Pemkab dan Polres Bandung Musnahkan 38.500 Botol Miras di Soreang

 

Atas temuan itu, Yana pun berencana memperketat regulasi sebaran minuman beralkohol di kota Bandung. Pemkot Bandung, kata Yana, akan melakukan kajian bersama DPRD terkait miras. Pasalnya, minuman haram ini dihawatirkan jadi pemicu permasalahan sosial ditengah-tengah masyarakat.

“Tentu pemerintah kota berkepentingan untuk menekan sebesar-besarnya peredaran miras di Kota Bandung. Mudah-mudahan kita atur lebih ketat peredarannya melalui perauturan daerah,” tegasnya.

Yana mengatakan Perda yang ada saat ini sebetulnya sudah mengatur terkait batas usia pembeli, golongan jenis alkohol yang legal. Namun kondisi di lapangan masih banyak penjual minuman keras yang tidak mematuhi aturan tersebut.

Namun, Yana belum menjelaskan secara rinci apakah peraturan tersebut juga mengikat terkait sebaran miras oplosan yang beberapa waktu lalu sempat menelan korban.

Hal tersebut, kata Yana, lantaran minuman oplosan diracik dengan bahan dasar yang dijual bebas di pasaran seperti alkohol untuk medis, dan berbagai bahan lainnya yang mematikan.

Baca juga:

2.054 Personel Polisi Siap Amankan Mudik Lebaran di Kota Bandung

 

Sementara itu di lokasi yang sama, Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema mengatakan hasil operasi tersebut didapati 39.120 botol minuman beralkohol, 215 jerigen tuak isi 30 liter, dan miras oplosan sebanyak 239 botol plastik.

“Itu adalah hasil kegiatan operasi yang dilakukan Polrestabes Bandung beserta jajaran Polsek, Satpol PP Kota Bandung, beserta masyarakat untuk menciptakan Bandung kondusif, terutama saat Ramadan,” ujarnya.

Irman juga mengatakan kondusifitas Kota Bandung tidak hanya dilakukan di bulan Ramadan jelang Idulfitri, namun juga menjelang pelaksanaan Isa Almasih yang jatuh pada 30 Mei besok.***(Tito Rohmatulloh/BandungKita)

Editor: Restu Sauqi

Komentar