oleh

Sungai Rancacili di Kecamatan Rancasari Berwarna Hitam dan Bau Menyengat

BandungKita.id, BANDUNG – Sungai Rancacili, di Kecamatan Rancasari, Kota Bandung menimbulkan bau tak sedap, bahkan berbusa tebal. Hal itu sangat mengganggu warga sekitar, pasalnya banyak warga Rancasari yang tinggal berdekatan dengan sungai.

Warga menilai sungai yang berada di perbatasan Kelurahan Cipamokolan dan Kelurahan Derwati tersebut sudah sekitar satu bulan kondisinya mengkhawatirkan.

“Ya saya sangat merasakan bau, sejak sebulan terakhir lah kaya gini, ini alirannya mungkin dari Bandung Kota,” kata salah satu warga di lokasi, Rossa Trosida (57), Rabu (10/7/2019).

Baca juga:

Soal Limbah Cair di Cimenyan, DLH Jabar Serahkan Laporan ke Pemkab Bandung

 

Dugaan Rossa timbul karena bila di lokasi tersebut tidak terjadi hujan, namun di Kota Bandung turun hujan, maka debit air sungai tersebut naik.

“Ya dari mana lagi atuh ini, mungkin dari Kota Bandung, limbah rumah tangga ini mah,” ujar warga yang tinggal lebih dari lima tahun di kawasan tersebut.

Rossa sangat terganggu dengan kondisi tersebut lantaran ia juga membuka warung nasi. “Ya memang mengganggu saja, pelanggan juga terlihat tidak nyaman saat makan di warung saya,” kata Rossa.

Pantauan di lokasi, tak hanya sungai tersebut yang menghitam, bahkan kali yang berada di samping Jalan Raya Babakan Wedana tersebut berwarna hitam pekat. Kondisi yang sama juga tampak pada air di hamparan sawah yang masih berdekatan, dengan sungai Rancacili.***(Tito Rohmatullah)

Komentar