Gunung Tangkubanparahu Erupsi, Hawa Panas Dirasakan Warga Lembang

KBB, Peristiwa, Terbaru522 Views

BandungKita.id, LEMBANG – Gunung Tangkubanparahu yang terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami erupsi sejak Jumat (26/7/2019) pukul 15.48 WIB. Erupsi tersebut ditandai dengan gumpalan asap pekat berwarna kelabu dengan intensitas cindong ke arah timur laut dan selatan.

“Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi ± 5 menit 30 detik,” ungkap Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, Jumat (26/7/2019).

Meski demikian, pihaknya menyebut hal tersebut masih pada status Level I atau normal. Dia mengimbau agar masyarakat di sekitar gunung agar tidak mendekati kawah aktif. Sebab kata dia, pada kawah-kawah tersebut terdapat gas-gas vulkanik yang membahayakan makhluk hidup.

BACA JUGA :

Selain IKEA, Hengky Kurniawan Berharap Pengusaha Swedia Berinvestasi di KBB

 

 

112 Desa di Bandung Barat Bakal Menggelar Pilkades Serentak Tanggal 24 November

 

“Selain itu, masyarakat tetap mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas,” paparnya.

Sementara warga yang berada di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, Putri (18) warga Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, merasakan hawa yang cukup panas yang diduga berasal dari erupsi tersebut.

“Di luar rumah kondisinya gelap tapi hawanya panas. Dari tadi sore sekitar jam 3 asapnya masih kecil sekarang udah gede,” ungkap Putri.

Meskipun begitu, Putri mengatakan belum ada warga yang mengungsi. Sejumlah warga masih berada di dalam rumah.***(Bagus Fallensky/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment