by

Keren! Berkat Diplomasi Wajit Cililin, Hengky Kurniawan Sukses Bedol Anggaran Rp 200 Miliar untuk KBB

BandungKita.id, KBB – Kesempatan diundang dalam kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Swedia beberapa waktu lalu, tak disia-siakan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Hengky Kurniawan. Selain ikut mempromosikan KBB ke para pengusaha di Swedia, Hengky rupanya memiliki ‘misi’ lain yang tak kalah penting.

Ya, mantan artis top berparas ganteng itu memanfaatkan kesempatan mendampingi Ridwan Kamil di Swedia untuk melobi Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, agar mau menggelontorkan bantuan anggaran untuk Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Cara Hengky ‘melobi’ sekaligus meyakinkan Ridwan Kamil pun terbilang unik dan tak biasa. Meniru gaya sejumlah politisi Tanah Air, Hengky memanfaatkan makanan untuk “menyogok” Ridwan Kamil. Adalah Wajit Cililin, makanan khas asal Bandung Barat yang dipilih Hengky untuk memuluskan misinya melobi orang nomor satu di Jawa Barat itu.

Tapi jangan berpikiran negatif dulu. ‘Menyogok’ di sini memiliki konotasi positif. Hengky berusaha melobi Gubernur Jabar agar menambah alokasi bantuan gubernur (bangub) untuk KBB. Nilai bantuan yang diajukan Hengky kepada Ridwan Kamil cukup fantastis, yakni sebesar Rp 200 miliar.

Jika pertemuan Megawati dan Prabowo Subianto selepas Pilpres menghasilkan sebutan diplomasi nasi goreng, maka lobi-lobi ala Hengky Kurniawan kepada Ridwan Kamil ini pantas disebut “diplomasi Wajit Cililin”.

BACA JUGA :

Selain IKEA, Hengky Kurniawan Berharap Pengusaha Swedia Berinvestasi di KBB

 

 

Woow! Bupati KBB Aa Umbara Jenguk Dede Rafka dan Rela Berjalan Kaki 1 Kilometer Bawa Rusmana Agar Dirawat di RSHS

 

Istilah tersebut cukup relevan untuk menggambarkan betapa berkat Wajit Cililin yang rasanya manis serta legit itu, lobi-lobi Hengky Kurniawan pun berbuah manis. Menurut Hengky, Kang Emil setuju untuk menggelontorkan anggaran sebesar Rp 200 miliaran untuk membantu program pembangunan di KBB.

Bahkan foto ketika dirinya tengah ngobrol dengan Ridwan Kamil sambil menikmati Wajit Cililin di Swedia, diunggah Hengky di akun instagram pribadinya. Keduanya tampak kompak mengenakan batik lengan panjang dan berkacamata hitam.

Hengky mengenakan batik berwarna cokelat, sedangkan Ridwan Kamil mengenakan batik biru muda bermotif merah. Bedanya, Emil mengenakan iket.

“Waktu itu di Swedia saya sempat ngobrol banyak soal pembangunan di KBB dengan Kang Emil sambil menikmati Wajit Cililin. Saya memang ke mana-mana selalu bawa Wajit Cililin dan beberapa kopi asal KBB untuk oleh-oleh sekalian promosi,” kata Hengky Kurniawan kepada BandungKita.id.

Wakil Bupati KBB, Hengky Kurniawan (kiri) mempromosikan asal KBB dalam kunjungannya ke Swedia (foto:istimewa)

Hengky mengaku sangat bersyukur ‘lobi’ lewat diplomasi Wajit Cililin yang dilakukannya direspon positif oleh Ridwan Kamil. Ia berharap Pemprov Jabar dapat mengabulkan permohonan bantuan keuangan sebesar Rp 200 miliaran yang diajukannya.

“Saya banyak ngobrol dengan Kang Emil bagaimana mengentaskan kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja. Salah satunya melalui sektor pariwisata. Bantuan yang diajukan Rp 200 miliar itu mayoritas untuk pembangunan infrastruktur terutama infrastruktur ke 10 destinasi wisata unggulan di KBB,” kata Hengky.

“Kami ingin agar infrastruktur ke 10 destinasi wisata unggulan di KBB itu diperbaiki. Kalau sudah diperbaiki otomatis ekonomi akan tumbuh. Manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat KBB,” tambah suami Sonya Fatmala itu.

Selain mengajukan bantuan keuangan untuk pembangunan infrastruktur, kata Hengky, Pemprov Jabar juga berencana membantu beberapa program pasangan Aa Umbara-Hengky Kurniawan lainnya.

BACA JUGA :

Bupati Aa Umbara : Pusat Kota Kecamatan di KBB Akan Terintegrasi dengan Berbagai Fasilitas Publik

 

“Ada beberapa program lain yang saya ajukan, termasuk bantuan mobil Damkar. Kita kan kekurangan damkar. Alhamdulillah beliau (Kang Emil) respon. Saya diminta membuat usulannya,” ungkap politisi muda Partai Demokrat itu.

Tak hanya itu, Hengky juga berharap hasil kunjungannya ke Swedia membuahkan hasil manis lainnya. Diantaranya datangnya investor dari Swedia untuk berinvestasi di KBB.

“Sekarang sudah ada IKEA yang akan beroperasi di KBB. Kita berharap IKEA dan investor lainnya juga bisa investasi di bidang pariwisata seperti harapan Pak Gubernur. Salah satunya mungkin bisa bangun hotel juga di KBB karena kita punya daerah wisata. Insya Allah dengan sinergi positif antara Pemprov dan Pemda KBB, tujuan dan visi misi saya dengan Pak Bupati bisa tercapai,” tuturnya. (M Zezen Zainal M)

Comment