Atasi Kemacetan, Dua Jembatan Layang Akan Segera Dibangun di Kota Bandung : Ini Lokasinya

BandungKita.id, BANDUNG – Tak lama lagi Kota Bandung bakal memiliki dua jembatan layang atau fly over baru. Dua jembatan layang itu diharapkan dapat┬ámengatasi kemacetan di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung terutama di kawasan Jakarta-Supratman dan Jalan Pelajar Pejuang-Laswi.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat A. Koswara mengatakan pihaknya akan membangun dua jembatan di Kota Bandung selama kurun waktu 2019-2020.

Koswara menyebut, jembatan pertama yang akan dibangun yaitu jembatan layang (fly over) Jalan Jakarta-Jalan Supratman yang melintasi Jalan Ahmad Yani. Sedangkan, jembatan kedua yang akan dibangun adalah jembatan layang rute Jalan Pelajar Pejuang menuju Jalan Laswi dengan melintasi Jalan Gatot Subroto.

“Pengerjaan dua proyek ini dilakukan dalam dua tahap yakni tahap 1 di 2019 dan target selesai di Desember (2019). sementara untuk tahap 2 itu di 2020. Targetnya Desember 2020 selesai” kata Koswara saat ground breaking di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Selasa (3/9/2019).

BACA JUGA:

Warga Berharap Fly Over Jalan Jakarta-Supratman Bisa Atasi Kemacetan

 

 

Gelar Job Fair Ketiga Kalinya di 2019, Oded Klaim Tekan Angka Pengangguran di Kota Bandung

 

Tahap satu, kata Koswara, pembangunan fokus mengerjakan bagian bagian bawah seperti pelebaran jalan, penyiapan konstruksi dan pondasi. Ada pun di tahap 2 baru mengerjakan di bagian atas.

“Yang 2019 ini pengerjaannya difokuskan ke kontruksi bawah, pondasi dan pelebaran jalan-jalan di samping-sampingnya. Tahap kedua nanti yang 2020 baru bangunan atasnya. Jadi diselesaikan untuk bangunan atasnya di 2020,” ujar Koswara.

Koswara menjelaskan untuk fly over Jalan Jakarta-Jalan Supratman memiliki panjang keseluruhan sekitar 500 meter dengan panjang jembatan 40,9 meter dan lebar 9 meter. Adapun untuk fly over Laswi panjang total 520 meter, panjang Jembatan 36 meter dengan lebar 9 meter. Pembangunan kedua jembatan itu menghabiskan anggaran sekitar Rp 42 miliar.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial memohon maaf kepada seluruh warga Bandung atas ketidaknyamanan akibat proyek pembangunan Flyover Jalan Jakarta-Supratman dan Jalan Pelajar Pejuang-Laswi di Kota Bandung, Selasa (3/9/2019). (Tito Rohmatullah/BandungKita.id)

 

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M Danial dalam pidatonya ia memohon maaf kepada seluruh warga Bandung dan pengguna jalan jika pembangunan flyover itu menyebabkan warga Bandung terganggu kenyamanannya.

“Kepada masyarakat, Mang Oded menyampaikan permohonan maaf kalau nanti pembangunan ini saya yakin akan mengganggu kenyamanan warga yang menggunakan jalan,” jelas Oded. (Tito Rohmatulloh/BandungKita)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment