by

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pasokan Sembako di Jabar Aman dan Harganya Stabil

BandungKita.id, BANDUNG – Menjelang hari besar keagamaan nasional natal dan tahun baru, harga kebutuhan masyarakat di pasaran diharapakan tidak mengalami kenaikan secara signifikan.

Mengantisipasi hal tersebut, Sekretaris Jendaral (Sekjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia, Oke Nurwan melakukan pemantauan harga di Pasar Kiaracondong, Kota Bandung. Oke mengunjungi sejumlah jongko atau kios, mulai dari pedagang beras, telur, daging ayam, hingga rempah-rempah.

Oke menyebut pasokan atau ketersediaan berbagai kebutuhan pokok masyarakat atau sembako di Kota Bandung dan Jawa Barat relatif aman dan harganya terkendali.  Salah satu kebutuhan pokok masyarakat Jawa Barat yang paling disorot Kemendag adalah beras. Oke menyebut pasokan beras di Jawa Barat dalam kondisi aman dan harganya pun stabil.

“Aman, bahkan beras rencananya akan dipasok juga oleh Bulog. Beras medium dengan kondisi prima itu akan jadi stabilisator harga di pasar tradisional. Bulog pasti tetap memasok pasar tradisional. Stoknya berlimpah, aman sampai enam bulan tujuh bulan ke depan,” kata Oke selepas melakukan inspeksi mendadak, Selasa (26/11/2019)

BACA JUGA :

Jelang Musim Natal dan Tahun Baru, PT KAI Daop 2 Bandung Siapkan Hal-hal Ini

 

 

Jelang Natal dan Tahun Baru, Terminal Cicaheum Siapkan 188 Armada Bus : Ini Rinciannya

 

 

Selain itu, yang juga disorot yakni harga gula. Dipasar Kiaracondong, kata Oke, harga gula masih tinggi yakni mencalai Rp 13 ribu per kilogram. Hal ini, terjadi lantaran tingginya harga gula dari pemasok.

“Mengatasi itu, makanya Bulog siap memasok pedagang dengan harga dasarnya Rp 11 ribu sehingga pedagang sanggup menjual dengan 12 ribu atau harga eceran tertingginya sekitar RP 12.500 bisa lah,” papar Oke.

Tak hanya sidak, Kemendag juga akan berkoordinasi dengan para distributor sebagai pemasok barang ke pasar-pasar tradisional. Sehingga, harga tidak hanya dipantau di pengecer namun juga pemasok.

“Rapat koordinasi juga kita akan rapat dengan mengundang para distributor. Untuk memastikan kesiapan dalam rangka natal dan tahun baru. Pasokan pasti ada kita monitor, harga dari distributor kita pantau dan tetap bisa memasok ke pasar,” kata Oke. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment