by

Ironis! KBB Sedang Dikepung Bencana, Para Pejabat BPBD KBB Malah Pelesiran ke Singapura

BandungKita.id, KBB – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam beberapa pekan terakhir menyebabkan sejumlah daerah di KBB dikepung bencana. Bencana longsor, banjir bandang dan pergerakan tanah menerjang sejumlah daerah seperti Cililin, Sindangkerta, Gununghalu dan Cikalongwetan.

Namun ironisnya di saat KBB yang sedang dikepung bencana, sejumlah pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB malah diketahui pelesiran ke luar negeri yakni ke Singapura. Padahal BPBD adalah badan khusus yang notabene bertugas di barisan terdepan menangani bencana yang terjadi di KBB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BandungKita.id, sejumlah pejabat BPBD KBB yang tengah berlibur ke Singapura adalah Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo, Sekretaris BPBD Agus Sumartono, dan beberapa pejabat BPBD lainnya.

Foto-foto para pejabat BPBD KBB yang tengah pelesiran di Singapura pun dengan bangga diunggah salah seorang keluarga pejabat BPBD ke media sosial pada Minggu (15/12/2019) siang. Dalam beberapa foto yang dimiliki BandungKita.id, setidaknya ada tiga foto yang memperlihatkan mereka tengah berada di Singapura.

Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo (kedua kanan) dan sejumlah pejabat BPBD KBB berfoto bersama dengan latar belakang salah satu taman bermain terkenal di Singapura, Universal Studio (foto:istimewa)

 

Dalam foto pertama, terlihat Kepala BPBD KBB Duddy Prabowo berfoto bersama dengan Sekretaris BPBD Agus Sumartono dan beberapa pejabat BPBD lainnya dengan background patung yang menjadi ikon utama Singapura, yakni patung Merlion Si Kepala Singa. Tak hanya itu, dalam foto tersebut Duddy juga tampak membawa serta anggota keluarganya.

Sedangkan dalam foto kedua dan masih dalam formasi yang sama, para pejabat BPBD KBB yang berpakaian kasual tampak sedang berada di taman bermain ternama di Singapura, Universal Studio.

Dalam foto lainnya, mereka juga tampak berfoto di bandara dengan background foto di belakang mereka adalah pesawat terbang. Di foto lainnya, tampak Kepal BPBD juga berfoto dengan anggota keluarganya dengan latar belakang ikon populer Singapura lainnya yakni Marina Bay.

BACA JUGA :

Woow! Rombongan Bappeda dan SKPD di KBB Disebut Warganet “Pelesiran” ke Bali, dalam Rangka Apa? Ini Penjelasan Kepala Bappeda

 

 

Seorang Pejabat Dispusip KBB Ditetapkan Tersangka Kasus Korupsi TKK

 

 

Belum diketahui secara pasti apa kepentingan mereka bepergian ke Singapura. Namun menurut sumber BandungKita.id di Pemkab Bandung Barat, sebenarnya kegiatan pelesiran pejabat BPBD KBB itu dibungkus dengan kegiatan studi banding ke Batam. Dari Batam, mereka kemudian menyebrang ke Singapura.

Parahnya lagi, kepergian mereka ke Batam dan Singapura dibiayai dana APBD alias uang rakyat. Tak hanya itu, menurut sumber tersebut, kepergian mereka ke Batam dan Singapura tanpa seizin Bupati KBB.

“Lagi musim bencana kayak gini malah jalan-jalan ke Singapura. Padahal KBB lagi darurat banjir dan longsor. Aduh parah,” kata Asep Hidayat, salah seorang warga KBB kepada BandungKita.id, Minggu (15/12/2019).

Para petugas BPBD KBB bersama Tagana dan masyarakat tengah berusaha menyelamatkan warga yang terjerembab ke tanah longsoran di Gununghalu, KBB (foto:istimewa)

 

Menurut dia, foto para pejabat BPBD KBB yang tengah liburan di Singapura ini menjadi semakin ironis jika dibandingkan dengan foto para petugas BPBD di lapangan yang tengah berjuang membantu masyarakat di Gununghalu dan beberapa daerah lainnya yang terkena longsor dan banjir bandang.

Tampak dalam foto dan video yang beredar, kata dia, para petugas lapangan BPBD KBB dibantu aparat TNI/Polri serta masyarakat tampak tengah berjuang menembus dan membuka akses longsor yang menerjang kawasan Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu.

BACA JUGA :

Waduh! Putra Pejabat Tinggi Bandung Barat Ditangkap Polisi Saat Pesta Narkoba?

 

 

Waspada! BNPB Ingatkan Masyarakat Potensi Bencana Banjir, Longsor dan Puting Beliung di Peralihan Musim

 

 

Bahkan dalam sebuah video, tampak petugas BPBD dan Tagana dengan kompak membantu menyelamatkan masyarakat yang terjerembab ke tanah longsor. Ini tentu ironis bahkan miris jika dibandingkan dengan foto para pejabat BPBD KBB yang tengah menikmari liburan di Singapura.

“Miris saya lihatnya. Yang lain lagi sibuk ngurus banjir dan longsor, ini malah pelesiran ke Singapura. Apalagi kalau pergi dan akomodasinya pakai APBD. Keterlaluan,” kata Asep.

 

Kepala BPBD KBB : Saya Sedang di Undangan

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo membantah para pejabat BPBD KBB pergi pelesiran ke Singapura. Menurut Duddy, memang benar ada sejumlah PNS BPBD KBB yang melakukan studi banding ke Batam, namun tidak ke Singapura.

“Tapi hanya Bagian Keuangan dan Sekretariat saja terkait SPM dan penganggaran kedaruratan di luar BTT (Biaya Tidak Terduga),” kata Duddy saat dikonfirmasi BandungKita.id melalui pesan whatsapp, Minggu (15/12/2019) sore.

Dijelaskan Duddy, selain Bagian Keuangan dan Kesekretariatan BPBD KBB tidak ada seorang pun yang pergi ke Batam maupun Singapura.

“Yang lainnya, bidang teknis tetap standbye karena kita sedang tanggap darurat di Gununghalu,” elak Duddy.

Disinggung kembali apakah rombongan BPBD yang melakukan studi banding dari Batam tersebut langsung menyebrang untuk liburan ke Singapura, Duddy kembali membantah. Menurut dia, rombongan BPBD KBB hanya berada di Batam saja.

“Hanya ke Batam saja Kang. Saya lagi di undangan saudara,” ujar Duddy sambil menutup perbincangan dengan BandungKita.id. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment