by

Kabar Gembira! Pembangunan Fly Over Kopo-Leuwipanjang Dimulai Tahun Ini

BandungKita.id, BANDUNG – Kabar gembira untuk warga Bandung dan sekitarnya yang sering terjebak kemacetan di kawasan Kopo. Pemkot Bandung akan memulai pembangunan Fly Over Kopo-Leuwipanjang mulai tahun ini.

Pembangunan Fly Over Kopo-Leuwipanjang salah satunya bertujuan untuk mengatasi kemacetan parah yang sering terjadi di kawasan Kopo menuju arah Leuwipanjang maupun sebaliknya.

Dengan demikian, Kota Bandung akan memiliki fly over baru di tiga titik yakni dua yang dilanjutkan pembangunannya di Jalan Jakarta-Jalan Supratman dan Jalan Laswi-Gatot Subroto. Sedangkan fly over lainnya yaitu Kopo-Leuwipanjang.

Kepala Seksi Perencanaan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Melky Kuswara mengatakan, pada 2019 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sudah memganggarkan dana pembangunan fly over di Jalan Jakarta dan Jalan Laswi. Pada Mei 2020, pembangunannya akan dilanjutkan.

“Untuk 2020 ini juga ada tambahan informasi dari Provinsi, bahkan nasional untuk program pembangunan fly over Kopo – Leuwipanjang. Jadi di 2020 ini ada tiga fly over, dua dilanjutkan, satu yang akan dibangun,” kata Melky.

BACA JUGA :

Warga Berharap Fly Over Jalan Jakarta-Supratman Bisa Atasi Kemacetan

Pakar Tata Kota: Flyover Tidak Bisa Atasi Kemacetan di Kota Bandung

Mengurai Kemacetan, Bandung Akan Miliki 3 Flyover Tahun 2020

Melky menjelaskan, fly over yang dilanjutkan pembangunannya pada 2020 ini, pada tahun lalu baru menyelesaikan bagian bawahnya. Sedangkan pada tahun ini melanjutkan bagian atas dari fly over tersebut.

“Sedang ada proses untuk lelangnya, kemungkinan pada akhir April atau awal Mei itu akan dilanjutkan. Targetnya 2020 selesai tapi kita masih menunggu hasil dari pelelangannya,” katanya.

Ia mengungkapkan, untuk bagian bawah fly over tersebut, hingga saat ini DPU melakukan masa pemeliharaan sebelum dilanjutkan untuk pembangunan.

Landscape rencana pembangunan flyover Jalan Jakarta-Supratman, Kota Bandung (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id

“Kalau Fly over Kopo informasi dari pusat dianggarkan untuk tahun 2020, kita belum tahu proses untuk lelangnya. Namun pembebasan lahannya sudah. Informasinya hanya tersisa lima persen lagi yang belum,” katanya.

Kendati demikian, Melky belum bisa memastikan terkait rancangan fly over Kopo-Leuwipanjang tersebut.

“Kalau panjangnya berapa kilometer itu kami belum paham, yang jelas melewati Kopo dan Leuwipanjang. Pemprov Jabar juga saat ini fokus untuk Jalan Jakarta – Supratman, dengan Gatot Subroto dulu,” katanya.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment