by

PWI Peduli, Bentuk Kepedulian Jurnalis PWI KBB Terhadap Warga Terdampak Covid-19

Salurkan 100 Paket Sembako di 3 Kecamatan

BandungKita.id, KBB – Belasan wartawan atau jurnalis yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat menggelar kegiatan bakti sosial dengan membagi-bagikan paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19, bertajuk PWI Peduli.

PWI Peduli adalah sebuah gerakan yang diinisiasi para jurnalis yang tergabung dalam PWI KBB untuk peduli terhadap sesama terutama kepada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 dan belum mendapatkan bantuan dari pemerintah maupun pihak lain.

Untuk tahap pertama ini gerakan PWI Peduli ini, ada sekitar 100 paket sembako yang dibagikan kepada warga terdampak Covid-19 di KBB. Bantuan paket sembako itu disebar di tiga kecamatan yakni Palarang, Batujajar dan Kecamatan Cihampelas.

Ketua PWI KBB, Heni Suhaeni mengaku sangat bersyukur PWI dapat ikut membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. Gerakan berbagi paket sembako itu, kata Heni, diharapkan dapat dilanjutkan pada masa yang akan datang.

“Jadi selain sehari-hari kita bertugas liputan menyajikan informasi, tapi kami para jurnalis di PWI masih memiliki kepedulian kepada masyarakat. Mungkin belum banyak yang bisa kami berikan saat ini. Tapi semoga bisa membantu masyarakat,” ujar Heni.

BACA JUGA :

PSBB KBB Dinilai Gagal, KNPI : “Tunjuk Saja Pengganti Ketua Harian Gugus Tugas Kalau Dianggap Tidak Maksimal”

Sambil Puasa, Hengky Kurniawan Blusukan Salurkan Bantuan Sembako dan Nasi Kotak untuk Warga KBB

Kabar Gembira! Hengky Kurniawan : Pemkab Segera Salurkan Bantuan untuk 120 Ribu Keluarga Terdampak Covid-19 di KBB

Bantuan sembako yang disampaikan tersebut merupakan titipan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) KBB atas seijin Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna. Ia berharap ke depannya instansi pemerintah, lembaga zakat maupun instansi lainnya juga dapat memberikan kepercayaan kepada PWI untuk menyalurkan bantuan agar kegiatan serupa dapat kontinyu dilakukan.

Bantuan paket sembako melalui gerakan PWI Peduli dibagikan dengan cara menyisir warga yang sama sekali belum mendapat bantuan dari jaring pengamanan sosial pemerintah.

Menurut Heni, pelaksanaan pendistribusiannya PWI KBB bekerja sama dengan pengurus RT/RW setempat supaya bantuan tepat sasaran.

“Sebelumnya, rekan-rekan pengurus PWI KBB mendata siapa-siapa saja yang layak menerima bantuan. Mereka berkoordinasi dengan Ketua RT atau Ketua RW setempat,” katanya.

Heni mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung Barat yang telah memberikan kepercayaan untuk pendistribusian sembako tersebut.

“Saya berharap rekan-rekan PWI KBB bisa mendapat kepercayaan lagi dari Pemda KBB atau pihak lainnya untuk bekerja sama dalam mendistribusikan bantuan ke depannya. Insya Allah kami mampu,” ujar Heni.

Sementara itu Ketua PWI Peduli KBB, Hadi Wibowo mengatakan, dilihat dari jumlah warga yang terdampak Covid-19, bantuan yang diterima warga saat ini masih belum merata. Masih banyak warga yang membutuhkan uluran tangan untuk sekadar makan saja.

Pihaknya mengetuk hati orang-orang yang memiliki harta lebih, agar mau berbagi. “Saat kita liputan, ada saja keluhan warga yang butuh bantuan. Inilah yang menjadi alasan kita terjun memberikan bantuan,” kata Hadi.

Hadi menilai, distribusi sembako PWI Peduli KBB sebagai gebrakan pertama saja. Ia bersama rekan-rekan pengurus lainnya akan berupaya mencari sumber bantuan lagi.

“Alhamdulillah, setelah bantuan dari pak Bupati, kami sudah ada bantuan lagi dari donatur lainnya. Insya Allah akan kami sampaikan dalam waktu dekat,” ujarnya.(M Zezen Zainal M/ BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment