by

Duhh! Baru Seminggu Dibersihkan, Sampah Kembali Menumpuk di Sungai Cikendal

BandungKita.id, BANDUNG – Sampah kembali menumpuk di Sungai Cikendal wilayah Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung pada hari Kamis (14/01/2021). Padahal Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 Kota Bandung baru saja membersihkannya seminggu yang lalu, tepatnya Kamis (7/01/2021).

Hal ini disampaikan oleh pegiat lingkungan, Rahmat Suprihat (51). “Permasalahan sampah di sungai Cikendal memang sudah seperti sinetron, meski petugas berulang kali mengangkat sampah di sungai. Namun, tetap saja seminggu kemudian sampah kembali menumpuk dan menghambat aliran sungai,” katanya Kepada BandungKita.id, Kamis (14/01/2021).

“Seminggu yang lalu satgas Citarum Harum dengan kekuatan gabungan dibantu DPU Kota Bandung, UPT DAS Tegalega, Gober Kecamatan, Gober Cigondewah Kaler, Gober Cigondewah Rahayu, Gober Cigondewah Kidul dan kewilayahan hingga 60 personil membersihkan sungai,” ujarnya.

BACA JUGA :

Lestarikan Sungai Cikapundung, Komunitas Serlok Bantaran Indonesia Gunakan Kearifan Lokal

Sanksi Buang Sampah Sembarangan di Kota Bandung, Dari Bersihkan Masjid Hingga Turun ke Sungai

Di Kota Bandung, 500 Kilogram Sampah Mengalir di Sungai Setiap Hari

Rahmat menjelaskan, tumpukan sampah di sungai Cikendal merupakan masalah klasik mulai dulu sampai sekarang. Terjadi karena tidak adanya kepedulian warga sekitar terhadap lingkungan. Di lokasi terlihat tampak banyak bungkusan popok bayi serta sampah limbah rumah tangga lainnya.

“Ini menunjukkan bahwa kepedulian masyarakat untuk membuang sampah di TPS masih kurang, karena 95 persen berasal dari limbah rumah tangga. Sampah yang menumpuk ini juga merupakan kiriman dari Cibeureum dan Citopeng,” tutur warga Perum Bumi Asri Kecamatan Bandung Kulon tersebut.

“Setiap kali dibersihkan, sampah akan kembali menumpuk dalam waktu singkat apalagi jika hujan deras mengguyur,” tambah Rahmat kemudian.

Lanjut ia mengungkapkan, ada dua jaring sampah alias trash rake di aliran sungai Cikendal yang membelah wilayah Kota Cimahi dan Kota Bandung, tepatnya di RW 31 RT 1 Kelurahan Melong, Kec. Cimahi Selatan.

Rahmat (pakaian kuning) bersama Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 Kota Bandung ketika membersihkan sungai Cikendal, Kamis (7/01/2021). (istimewa).

Sedangkan yang satunya berada di Kelurahan Karang Mekar, Kec. Cimahi Tengah, tepatnya di samping tempat pengolahan sampah (TPS) Leuwigoong.

“Akibat volume sampah yang sangat besar, sampai sekarang dua unit mesin jaring sampah alias trash rake itu tidak efektif. Alat itu jadi tidak bisa termanfaatkan dengan maksimal,” tutur Rahmat.

Terakhir, ia menegaskan bahwa kesadaran masyarakat atau warga yang berada di sekitar sungai sangat penting dan dibutuhkan juga adanya kerja sama semua unsur.

“Saya meminta kesadaran masyarakat, sampah sendiri tidak akan ada berhenti menumpuk kalau tidak ada kesadaran dari masyarakatnya. Masalah ini adalah PR Pemkot Bandung, Pemkot Cimahi, dan Satgas Citarum yang harus bersama-sama melakukan evaluasi,” tandasnya. (Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id).

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment