by

Vaksinasi di Jabar, Menkes: Target 200 Ribu Orang Sehari

BandungKita.id, Bandung – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi untuk warga Jawa Barat ditargetkan dapat dilakukan sampai 200 ribu orang dalam satu hari. Mengingat, Provinsi Jabar merupakan daerah di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak.

Hal ini diungkapkanya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Kamis 8 Juli 2021. Menurutnya, target tersebut harus bisa direalisasikan guna mempercepat kekebalan kelompok atau herd imunity.

“Karena ini provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia,” katanya kepada awak media.

Dia mengatakan, dari jumlah penduduk Jabar yang hampir mencapai 50 juta jiwa ditargetkan yang telah divaksinasi sekitar 33 juta jiwa. Hal ini perlu segera dilakukan, guna menyusul jumlah penduduk yang telah divaksin jika dibandingkan dengan provinsi tetangga.

“Dibandingkan dengan Jateng, Jatim memang harus mengejar. Jadi insyallah dengan adanya tempat seperti ini target 200 ribu bisa kita kejar,” katanya.

BACA JUGA:

Penyekatan Jalan di Kota Bandung, Ini Titik Lokasinya

Ketersedian Tabung Oksigen Untuk Medis di Kota Bandung Dipastikan Aman

Kota Bandung Milik 1.000 Tenaga Vaksin Covid-19 Bersertifikat

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan, pihaknya akan mengerahkan vaksinator dari TNI-Polri guna mendukung vaksinasi massal di wilayah Bandung Raya. Sehingga target vaksinasi sebanyak 200 ribu orang perhari bisa terealisasi.

“Maka kita akan bisa kalkulasi kebutuhhan tenaga kesehatan lebih dari 10 ribu. Skema bekerja secara moderat, sebanyak 50 Nakes itu bisa untuk 2.000 vaksinasi,” katanya.

Bantuan tenaga vaksinator tersebut, diungkapkannya bisa direalisasikan setelah vaksinasi di wilayah Jakarta rampung atau diperkirakan pada bulan Agustus 2021 mendatang. “Maka beberapa Nakes TNI-Polri bisa kita perbantukan di Bandung Raya ini, sehingga herd imunty akhir Agustus bisa kita capai,” ucap Hadi.

Diketahui, pada kegiatan vaksinasi massal ini turut dihadiri juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Ganip Warsito. Vaksinasi di Sports Jabar Arcamanik diselenggarakan oleh TNI-Polri dan Pemprov Jabar. Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 8-9 Juli 2021. (Faqih Rohman Syafei/BandungKita.id)***

Comment