by

Mudahkan Masyarakat Daftar KIR Online, Dishub Bandung Barat Hadirkan AKURAT

BandungKita.id, KBB – Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat terus melakukan terobosan guna memudahkan masyarakat. Salah satunya dengan meluncurukan aplikasi AKURAT atau Aplikasi KIR Bandung Barat pada Selasa (14/9/2021).

Aplikasi berbasis android ini memudahkan pemilik angkutan ketika melakukan transaksi uji kendaraan atau KIR. Melalui aplikasi ini pemilik angkutan tidak perlu susah-susah mengantri lagi.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengapresiasi baik terobosan yang dilakukan oleh Dishub KBB. Menurutnya, di era digitalisasi sekarang diperlukan adanya inovasi guna mendukung kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Tentu ini semakin memudahkan pelayanan kepada masyarakat, karena tidak perlu antri panjang lagi,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Ia menerangkan, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan terus melakukan inovasi dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat. Hal tersebut diperlukan, mengingat adanya perubahan perilaku masyarakat yang semakin melek teknologi.

Kemudian, ditambah lagi dengan penggunaan gadget yang menjadi suatu kebutuhan lantaran jumlah pengguna smartphone semakin banyak.

“Memang kita ini adalah golongan yang harus memberikan kemudahan kepada masyarakat. Teknologi informasi ini memang sudah menjadi keniscayaan dan ini luar biasa harus kita apresiasi,” katanya.

Ia menyebut, adanya aplikasi ini juga sebagai upaya mengantisipasi kebocoran data. Jadi, meski sudah membayar online secara fisik juga harus dicek langsung di sini.

“Tentu kan sudah banyak kasus di beberapa daerah dan memang ada beberapa kebocoran data salah satunya di KIR online,” sebutnya.

Ia menilai, uji kendaraan penting dilakukan untuk keselamatan para penumpang. Jangan sampai sudah melakukan pembayaran secara online namun tidak melakukan cek fisik.

“Jangan sampai pas di jalan mengalami kecelakaan. Nah ini yang harus juga berbanding lurus,” ucapnya.

BACA JUGA:

Wujudkan Masyarakat KBB Bebas COVID-19, Dishub KBB Berikan 2000 Dosis Vaksin Secara Gratis

Sisihkan Tukin untuk Sesama, Dishub KBB Bagikan 200 Paket Sembako untuk Pengemudi Angkutan Umum

Kadishub Kota Bandung: Ganjil-Genap di Gerbang Tol Tidak Berlaku Untuk Plat Nomor D

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Lukmanul Hakim menjelaskan, aplikasi AKURAT ini diperuntukkan bagi para pengemudi angkutan umum, seperti angkutan kota (Angkot), bus reguler, bus pariwisata, termasuk angkutan barang.

“Tapi tidak menutup kemungkinan adanya kendala, karena ada yang punya gadget atau tidak punya kuota. Makanya, transaksi online pun tetap kita layani,” jelasnya.

Sebelum adanya sistem online, sambung dia, dalam sehari pihaknya melayani sekitar 30 sampai 40 kendaraan.

“Kalau online bisa lebih cepat lagi karena tidak ada pendaftaran secara offline. Tinggal uji saja, mungkin 15-20 menit sudah selesai,” ujarnya.

Ia menambahkan, AKURAT ini akan disosialisasikan melalui media sosial, seperti Instagram dan Facebook Dishub.

“Nanti kita juga akan informasikan lebih lanjut, misalnya melalui media lainnya,” pungkasnya. (Agus SN/BandungKita.id) ***

Editor: Faqih Rohman Syafei

Comment