by

Keren! Titik Wifi Gratis di Bandung Bertambah

BandungKita.id, Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menambah titik internet gratis bagi masyarakat. Wifi gratis ini tersebar ke 500 titik.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menuturkan tambahan wifi gratis ini di balai RW, masjid dan sejumlah taman.

Hadirnya internet gratis di tengah masyarakat ini atas kolaborasi Corporate Social responsibillity (CSR) Pt. Linknet.

“Kita bekerja sama dengan PT. Linknet. Mereka bantu kita memberikan bantuan wifi 500 titik. Mudah-mudahan kerja sama ini memberikan manfaat bagi Kota Bandung,” ucap Oded usai serah terima hibah wifi gratis di Taman Dewi Sartika, Rabu (10/11/2021).

Oded berharap, masyarakat bisa memanfaatkan perluasan titik wifi gratis ini untuk pengembangan sektor ekonomi ataupun sosial. Sehingga bisa ikut berkontribusi dalam pemulihan dampak pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah mereka juga memberikan bantuan vaksinasi kedua. Jumlah yang sudah terdaftar ada 1.169 orang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan A. Brilyana mengatakan, dalam beberapa tahun ini penambahan internet gratis totalnya mencapai 1.000 titik. Pembiayaannya bersumber dari APBD dan CSR.

Baca Juga

Beli Lokal, Upaya Dongkrak UMKM di Kota Bandung

Sempat Disetop, 54 Sekolah di Bandung Kembali Gelar PTMT

“Kalau titik wifi masyarakat umum di tahun kemarin dengan APBD itu di 500 titik yang aktif. Sebagian CSR, karena APBD hanya menjangkau 300 titik. Sekarang ini ditambah 500 titik baru,” ucap Yayan.

Di tengah keterbatasan anggaran tersebut, Yayan memastikan Pemkot Bandung terus berkoordinasi dengan perusahaan penyedia jasa layanan internet untuk bisa memberikan CSR wifi gratis bagi warga Kota Bandung.

“Saya berharap semua pengusaha internet di Kota Bandung. Tolong bantu karena dari 2,5 juta penduduk KOta Bandung itu 2,1 jutanya pengguna internet. Semua sektor baik pendidikan, ekonomi, sosial, budaya dan lainnya,” ujarnya.

Sedangkan Business Unit Head 3 Regional Jabar PT. Linknet, Doni Armando Razali memastikan, akan menjaga kerja sama dengan Pemkot Bandung agar bisa menambah lokasi wifi gratis.

“Kita kasih gratis ini up to 10 mbps broadband. Bandwith ini tidak ada biaya, bener-bener gratis. Kerja sama selama tiga tahun dan bisa diperpanjang,” kata Doni.

Doni mengungkapkan, apabila ada RW, masjid ataupun fasilitas publik lainnya yang belum terjangkau program ini bisa mengajukan. Yakni berkoordinasi dengan Firstmedia di Kota Bandung ataupun datang langsung ke kantornya.

Dony berharap, kerja sama ini tidak hanya pengadaan infrastruktur wifi gratis, tetapi juga pendampingan konten dan konteks penggunaan internet.

“Silahkan panggil kita, nanti kita survei. Karena kendalanya itu teknis. Karena jaringan kita menggunakan kabel. Selama ada tempat dan lahannya, kita pasangkan. Dan selama kita mendapatkan izin,” ungkapnya. (Faqih Rohman Syafei)

Comment