by

Pilkades Serentak, Satpol PP KBB Siagakan Personel di TPS

BandungKita.id, KBB – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 41 desa di Kabupaten Bandung Barat akan digelar pada 28 November 2021 mendatang.

Untuk mengamankan pesta demokrasi tingkat desa tersebut, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) KBB akan menerjunkan sejumlah personel ke masing-masing desa yang melaksanakan Pilkades Serentak.

Kepala Satpol PP KBB, Asep Sehabudin mengatakan, dua personel Satpol PP akan ditempatkan di setiap satu desa. Selain itu terdapat juga bantuan personel dari TNI-Polri dan juga Linmas setempat.

“Pada hari pemungutan peran Linmas yang lebih besar. Kami hanya dari sisi pengamanan desa tersebut dan lokasi tempat pemungutan suara (TPS),” katanya kepada BandungKita, Kamis (25/11/2021).

Ia menjelaskan, keterlibatan Satpol PP dalam pelaksanaan Pilkades Serentak murni untuk pengamanan saja. Hal itu berdasarkan instruksi dari Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan.

Baca Juga

Satpol PP KBB Mulai Tertibkan Atribut Kampanye Pilkades Serentak

Ini Potensi Kerawanan Pada Pilkades Serentak di Bandung Barat

“Instruksi Pak Bupati ikut serta dalam rangka pengamanan Pilkades,” ucap Asep.

Lebih lanjut Asep menyebutkan, pengamanan ini dimulai dari pendaftaran bakal calon kepala desa hingga hari pemungutan suara yang berlaku pada 28 November 2021.

“Berlangsung sampai hari pemungutan. Ada dua orang personel Satpol PP di satu desa. Itu juga dengan panitia dan Linmas,” ujarnya.

Ia menambahkan, memasuki masa tenang Pilkades Serentak Satpol PP per hari ini, Kamis (25/11/2021) mulai membersihkan alat peraga kampanye. Penertiban dilakukan hingga menjelang hari pemungutan suara pada Minggu (28/11/2021).

“Hari ini masuk masa tenang, mulai penurunan atribut kampanye. Ini akan berlangsung sampai hari pemungutan,” pungkasnya. (Faqih Rohman Syafei)

Comment