by

Harga Telur Ayam di Bandung Cetak Sejarah

BandungKita.id, KOTA BANDUNG – Harga telur ayam kini telah mengalami kenaikan harga signifikan. Bahkan harga telur ayam per hari ini cetak sejarah mencapai Rp 32 ribu per kilogram.

Menurut salah seorang pedagang telur ayam di Pasar Kosambi Bandung, Elis, biasanya paling tinggi harga telur ayam berada dikisaran Rp28 ribu hingg Rp30 ribu perkilogram. Namun saat, kenaikan harga telur ayam terus terjadi.

“Normalnya mah dari Rp 28.000, terus menjadi Rp 30.000, dan sekarang Rp 32.000. dan itu sudah ada 5 hari kebelakang terlur naik,” kata Elis di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Rabu (24/8/2022).

Elis menuturkan, alasan kenaikan harga tersebut hingga ini tidak diketahui secara pasti. Dampaknya, penjualan telur ayam pun saat ini mengalami penurunan karena konsumen diakuinya banyak yang kaget dengan kenaikan tersebut.

“Pembeli berkurang yang tadinya suka beli sekilo semenjak naik jadi beli setengah atau dari setengah jadi seperempat. Jadi Sekarang vhampir semua pembeli (telur ayam) sekarang mengeluh termasuk pedagang juga,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa barat, Iendra Sofyan mengungkapkan bahwa saat ini memang tengah terjadi kenaikan harga untuk telur ayam.

“Setelah kita analisis penyebabnya itu (telur ayam naik) dari awal pakannya (ayam) itu sudah mulai naik harganya. Dan itusaat di harga Rp24 ribu,” ujar Iendra.

Selain dari harga pakan ayam yang meningkat, Iendra juga menuturkan penyebab lainnya dari sisi penyaluran atau pendistribusian.

“Nah ini kita akan telusuri lagi dengan teman-teman pelaku usaha itu diarahkan kemana sehingga ke Jabar berkurang dan sehingga menaikan harganya,” ungkapnya

Maka untuk menindak lanjut kenaikan tersebut, Ia mengaku Disperidag Jawa barat akan terus melakukan pemantauan dari hulu ke hilir secara intensif.

Diharapkan pada bulan depan atau beberapa Minggu kecdepan sudah mulai turun lagi. Tapi sampai akhir ini diperkirakan tidak akan turun lagi sampai di Rp20 ribu,” tandasnya.

Comment