Hilal Awal Ramadan 2023 Tak Nampak di Bandung

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Pengamatan hilal awal Ramadan 1444 Hijriah tidak terlihat di Kota Bandung pada Rabu (22/3/2023). Karena, proses pengamatan hilal terhalang oleh hujan deras di lokasi pengamatan Observatorium Albiruni Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung (Unisba).

Menurut Wakil Kepala Observatorium Albiruni Fakultas Syariah Unisba, Fahmi Fatwa, proses pengmatan hilal terpaksa harus dihentikan karena terjadi hujan deras. Proses pengamanan pun hanya berlangsung sekitar lima menit yang dimulai saat matahari terbenam pukul 18.04 WIB.

“Pengamatan tidak sampai 5 menit karena turun hujan. Sampai saat ini masih turun hujan, saya stanby kemudian dicek laik diufuk sebelah timur sudah tertutup awan cukup tebal sehingga pengamatan kita hentikan,” kata Fahmi.

Hasil tersebut pun akan langsung dilaporkan ke Kementerian Agama yang akan mengambil keputusan awal Ramadan melalui sidang isbat.

“Tetap kita akan laporkan hasil ini ke Kementerian Agama. Nanti disana yang akan dilakukan sidang dan konferensi untuk memutuskan awal Ramadan,” tegasnya.

Comment