Rayakan Lebaran, Warga Muhammadiyah di Bandung Hari Ini Gelar Salat Id

Bandungkita.id, BANDUNG – Warga Muhammadiyah di Kota Bandung berbondong-bondong datang ke Lapangan Lodaya pada Jumat, 21 April 2023. Mereka hendak melaksanakan Salat Idulfitri yang digelar oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat.

Menurut Sekretaris Badan Takmir Masjid Mujahidin Muhammadiyah, Sani Sanjaya, sekitar 4.000 warga datang untuk melaksanakan Salat Id hari ini. Mereka berasal dari Kota Bandung, Lembang, Cimahi hingga Rancaekek berdatangan untuk Salat Id.

“Pelaksanaan salat id hari ini insya Allah kita sebagaimana sudah ditetapkan diawal melaksanakan hari ini di hari jumat tanggal 21 april 2023. Menjadi imam dan khatib Dr H Sanusi, kemudian berkaitan penetapan pemerintah yang berbeda dengan kami kemungkinan membludaknya jemaah akan sangat sangat banyak, diperkirakan 3.000-4.000 jemaah,” kata Sani.

Diakui Sani, area yang digunakan Salat Id yaitu lapangan softball kawasan SOR Lodaya. Terdapat dua lapangan yang digunakan karena besarnya animo warga untuk melaksanakan Salat Id.

“Kemudian terkait dengan hal hal lainnya Insya Allah rangkaian acara dimulai dengan takbiran, lalu akan ada pelaksanaan Salat Id dua rokaat, kemudian dilanjut dengan khutbah,” sambungnya.

Sementara itu, ia berharap meski adanya perbedayaan penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Lebaran, tetap terjalinnya kerukunan antar muslim terutama di Jabar. Perbedaan tersebut, lanjutnya, sebagai salah satu hal yang biasa terjadi dalam perayaan Lebaran serta pelaksanaan Salat Id.

“Terkait pelaksanaan idulfitri mungkin pesan bisa disampaikan mudah mudahan perbedaan tidak menjadikan hal yang tidak produktif, yang pastu mari kita jaga keharmonisan, kerukunan, dan tentu saja kenyamanan dan kekhusyukan dalam beribadah,” tandasnya.

Comment