Hebat! DISPAKAN Kab Bandung Raih Juara 1 SPHP Award Kategori Pengelolaan Cadangan Pangan Tingkat Provinsi Jabar

DISPAKAN SIGAP (Siap Siaga Pangan)

BandungKita.id, BANDUNG – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DISPAKAN) Kabupaten Bandung meraih peringkat 1 Stabilisasi Pangan dan Harga Pokok (SPHP) Awards tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 kategori pengelola cadangan pangan pemerintah pada rangkaian perayaan hari pangan sedunia atau HPS ke-43 yang dilaksanakan di Alun-alun merdeka Kota Sukabumi.

Penghargaan yang diterima Pemkab Bandung ini menambah catatan prestasi yang diterima dari Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) maupun nasional pada kepemimpinan Bupati Bandung, Dadang Supriatna.SPHP Award yang diterima Pemkab Bandung itu dengan 2 katagori, yaitu pertama GPM (Gerakan Pangan Murah) dan kedua CPPD (Cadangan Pangan Pemerintah Daerah).

Baca Juga:

Kabupaten Bandung Sabet Dua Penghargaan Bergengsi di KIM Festival 2023

Keren! Kabupaten Bandung Miliki Gedung Promosi Khusus Produk IKM

Melalui kedua kategori itu, Pemkab Bandung telah menyediakan beras CPPD jenis premium. Bahan pangan lainnya juga disiapkan, seperti minyak goreng, protein hewani, ikan, dan lain-lain. Pemkab Bandung terbaik dalam Program SPHP Awards itu, yaitu dalam pengelolaan cadangan pangan yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung dalam beberapa tahun terakhir ini. 

“Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Bandung terpilih dalam SPHP Award sebagai juara 1 Pemerintah Daerah yang mengelola Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) pada peringatan Hari Pangan Sedunia ke-43 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Kota Sukabumi,” kata Bupati Bandung Dadang Supriatna melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung, Ina Dewi Kania usai menerima penghargaan tersebut.

Kabupaten Bandung terpilih dalam SPHP Award sebagai juara 1 Pemerintah Daerah yang mengelola Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) pada peringatan Hari Pangan Sedunia ke-43 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Kota Sukabumi

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, perwakilan Bapanas, Kementan, Bank Indonesia, Perguruan Tinggi, Dinas Kabupaten/Kota yang menangani ketahanan pangan se-Provinsi Jabar, Tim PKK Provinsi Jawa Barat, dan Kabupaten/Kota se-Jabar, serta stakeholder lainnya. 

Penghargaan tersebut dinilai sebagai bukti nyata Pemkab Bandung dapat sangat baik dalam melakukan stabilisasi pengendalian harga pangan melalui CPPD yang dimiliki. 

“CPPD Pemkab Bandung tidak saja komoditas bahan pangan pokok beras, tetapi cukup  beragam dan mendukung program penurunan zero new stunting juga pengendalian harga,” kata Ina.

Video Pilihan:

Strategi Pemenuhan Kebutuhan Cadangan Pangan Daerah Melalui Kolaborasi Multisektor



Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan,Ina Dewi Kania kembali mengatakan, keberhasilan tersebut adalah hasil dari kerja keras, tekad yang kuat, dan dukungan luar biasa. “Terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi, ini bukan hanya kemenangan DISPAKAN, tetapi kemenangan kita Bersama”. ¬†Unkapnya dengan bangga. (*)

Comment