by

Episode Baru Drama Sekda Kota Bandung, Benny Resmi Gugat Oded Ke PTUN

BandungKita.id, BANDUNG – Staff Ahli Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Cimahi, Benny Bachtiar mendatangi pengadilan tata usaha negara, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Kamis (23/5/2019)

Kedatangan Beny bertujuan melayangkan gugatan atas pelantikan Sekda Definitif Kota Bandung, Ema Sumarna oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pada Jumat (22/3) lalu.

Menurut Benny, gugatan tersebut bukan karena dia haus jabatan, namun lebih kepada memberi pelajaran agar setiap pemerintahan mematuhi apa yang menjadi keputusan pemerintah tingkat atas.

Drama sekda Kota Bandung memang cukup berlarut larut, pasalnya Kemendagri sudah menyetujui agar Benny dilantik menjadi Sekda. Namun Oded tidak mematuhi putusan kemendagri dan lebih memilih Ema Sumarna dilantik jadi orang nomor tiga di Kota Bandung.

“Tujuan saya untuk mengajukan gugatan ke PTUN, mesti di garis bawahi ini bukan masalah jabatan, tapi penegakan aturan
bahwa semua kabupaten Kota di Indonesia, apapun yang putusan oleh pemerintah ditingkat atasnya itu musti dipatuhi atau diikuti dan ini yang ingin saya luruskan,” kata Benny.

BACA JUGA:

Siap-Siap, Pasca Lebaran Kota Bandung di Serbu 10 Ribu Pelari

 

Sebagian Pedagang Akui di Pasar Kosambi Tak Tersedia Apar

 

Putusan yang dimaksud Benny adalah rekomendasi Kemendagri dan Pemprov Jabar, serta Komisi ASN, yang telah rekimendasikan dirinya agar walikota Bandung mekantiknya sebagai sekda Kota Bandung.

“Putusan itu kan sudah jelas bahwa dalam proses open bidding ini kan dari mulai pendaftaran sampai dengan penunjukan dan dari proses penunjukan menuju penetapan itu ada satu proses dimana proses itu ada rekomendasi dari KASN rekomendasi dari gubernur dan mendagri,” ujar Benny.

Terkait hal ini, sebelumnya wali Kota Bandung telah mempersilahkan Benny bilamamana ingini menggugat.

“Itu hak beliau, kalau beliau mau melakukan itu hak beliau, sebagai warga negara yang baik, silakan,” ucap Oded di Balai Kota Bandung, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/4/2019) lalu.

Sementara itu, kuasa hukum Benny, Wahyu Setiadi menagatakan bila melihat surat putusan pelantikan Ema Sumarna sebagai sekda, Wahyu menilai cacat syarat formil.

“Kami melihat memang sk tersebut banyak memenuhi cacat formal diantaranya itu memang tidak memperihatinkan surat rekimedasi kemendagrj dan juga surat rekomendasi dark Komisi ASN Sehingga dalam hal ini pelantikan tersebut sudah cacat hukum sehingga kita lakukan gugatan ke PTUN,” tegasnya. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment