by

Unik! Ada Moda Transportasi Ramah Lingkungan di Kampus ITB, Begini Cara Menggunakannya

BandungKita.id. BANDUNG – Saat ini tren teknologi bersih gencar dikampanyekan. Salah satunya kendaraan ramah lingkungan di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

Bekerja sama dengan Grab, Lembaga Penelitian dan Kewirausahaan (LPIK) ITB menghadirkan GrabWheels yang merupakan skuter elektrik (e-scooter) sejenis otoped sebanyak 5O unit yang terdapat di 5 titik di lingkungan kampus Ganesha, ITB.

Saat diuji coba, GrabWheels ini nyaris tak mengeluarkan suara. Pengendara harus mengayuh sedikit kemudian digas agar GrabWheels bisa berjalan mulus. Soal keselamatan, Anda tak perlu khawatir lantaran sudah disediakan helm khusus.

Mahasiswa mencoba skuter elektrik (e-scooter) sejenis otoped bernama GrabWheels di Kampus ITB (Tito Rohmatullah/ BandungKita.id)

 

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan, Bambang Riyanto Trilaksono mengatakan mahasiswa ITB bisa menggunakan GrabWheels tersebut untuk transportasi di lingkungan kampus ITB.

“Hari ini sudah kita luncurkan, kita kerja sama mulai hari ini. Dan ini bisa digunakan oleh mahasiswa di lingkungan ITB. Salah satu pengembangannya yang kita harapkan dengan Grab adalah teknologi batre yang next generation,” kata Bambang saat jumpa pers di ITB, Selasa (1/10/2019).

BACA JUGA :

Atasi Budaya Ngaret, Grab Luncurkan Program Anti Ngaret

 

 

BREAKING NEWS….Ojek Online “Bonceng” Resmi Mengaspal, Ini Bedanya dengan Go-Jek dan Grab

 

Semanatara itu, Ongki Kurniawan, Executive Director, Grab Indonesia menjelaskan, Grab berkomitmen untuk dapat memberikan solusi bagi masyarakat Indonesia yang lebih luas. Ia menyebut kehadiran GrabWheels di ITB menjadi Iangkah awal kami untuk mewujudkan komitmen tersebut.

“Grab juga turut menekankan bahwa keamanan dan keselamatan merupakan prioritas bagi pengguna GrabWheels. Pada saat peluncuran, Grab mengajak perwakilan yang hadir untuk mengikuti simulasi keamanan berkendara menggunakan GrabWheels,” kata Ongki.

Mahasiswa mencoba skuter elektrik (e-scooter) sejenis otoped bernama GrabWheels di Kampus ITB (Tito Rohmatullah/ BandungKita.id)

 

Selain penempatan GrabWheels di lingkungan kampus ITB, juga dilakukan kerja sama strategis dengan ITB juga mencakup penelitian dan pengembangan moda transportasi berbasis elektrik.

Para pengguna Grab kini bisa dengan mudah mengakses layanan ini dengan mengunduh aplikasi GrabWheels beta melalui perangkat iOS dan Android selama masa uji coba. Kemudian, mereka dapat mengunjungi area parkir GrabWheels yang telah tersedia di lokasi terpilih di Kampus ITB.

“Setelah itu, pengguna dapat membuka kunci skuter Iistrik hanya dengan memindai barcode yang tersedia menggunakan aplikasi GrabWheels untuk segera memulai perjalanan mereka menjelajahi area Kampus ITB,” kata Ongki. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment