oleh

Dinilai Perlu Tingaktkan Pengetahuan, BUMDes Se-Kabupaten Bandung Ikut Pelatihan Perpajakan

BandungKita.id. BANDUNG – Badan usaha milik desa di Kabupaten Bandung dinilai belum memiliki pengetahuan yang cukup dalam menunaikan kewajibannya membayar pajak.

Dengan alasan itulah Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama bekerjasama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat 1 bekerjasama menggelar pelatihan tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan BUMDes.

Rektor Universitas Widyatama Obsatar Sinaga mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian mahasiswa Widyatama bagi masyarakat dan tentu secara urgensi pun desa desa di Kabupaten Bandung membutuhkan pengetahuan ini.

“Ya kalau kesaadaran pajak itu tunbuh berarti ada potensi tambahan pengahasilan negara. Kita secara sadar ingin agar negara ini maju kalau kita ga sadar bayar pajak, Dari mana kita membangun negara ini,” kata Obsatar selepas pembukaan acara, Kamis (7/11/2019).

Obsatar mengatakan kesadaran membayar pajak bumdes kabupaten Bandung masih perlu dioptimalkan bahkan beberapa di antaranya masih perlu dijemput bola untuk menunaikan kewajiban pembangunan daerah tersebut.

“Yah sebagian masih harus di tagih, sebelumnya harus ditagih. Sementara BUMDes kan banyak, sekarang menerima bantuan dari negarakan. ketetapan presidennya memberi bantuan melalui BUMDes,” kata Obsatar.

Obsatar mengatakan, nantinya para peserta pelatihan akan diberi stem penghitungan pajak berupa sistem akuntansi untuk memudahkan para pengurus BUMDes di kabupaten Bandung dalam menunaikan kewajibannya.

“Mereka belajar cara macam, diapannggil disini dilatih disini pengurus BUMDes. Dilatih disini komputernya di kasih sistem khusus, langsung dilatuh cara menggunakannya, cara ngitung dan lain-lain,” ujarnya. (Tito Rohmatulloh/BandungKita)

Editor: Dian Aisyah

Komentar