by

Dukung Militer Indonesia, ITB Kembangkan Teknologi di Sektor Pertahanan dan Kemanan

BandungKita.id, BANDUNG – Rektor Institut Teknologi Bandung, Kadarsah Suryadi menuturkan saat ini kampus yang dipimpinnya telah menerbitkan 71 produk di bidang Pertahanan dan Keamanan (Hankam), hasil kerjasama dengan TNI dan Polri.

Salah satu yang jadi andalan, yakni pengembangan pesawat tanpa awak. Kadarsah menjelaskan, pesawat tersebut sudah dilengkapi dengan sensor kamera berbasis Artificial Intelligence.

“Dan yang sangat penting, teknologi tanpa awak ini menggunakan energi batre listrik berkualitas yang semakin bagus kualitasnya, dan akan terus kita kembangkan,” kata Kadarsah selepas menghadiri seminar di Graha Widya Adibrata, Sesko TNI, Kota Bandung, Rabu (20/11/2019).

 

BACA JUGA :

Bantu Komunikasi Difabel Tuli, Mahasiswa ITB ini Ciptakan Aplikasi “Hear Me”

 

 

Nantinya, sebagai unsur penting dalam pesawat tanpa awak itu, batre tersebut juga terus diteliti lagi. Selain itu, bagian material pesawat idealnya juga harus ringan sehingga bisa mengurangi beban pesawat saat mengudara.

“Jadi pengembangan akan kami lakukan terus, karena kami punya pusat sains teknologi nano material dan metalurgi, kami terus bersinergi meningkatkan kualitas dari bahan pesawat itu sendiri,” kata Kadarsah.

 

BACA JUGA :

Prabowo Akan Libatkan Pelajar SMP Sebagai Cadangan Pasukan Militer, Disdik KBB Angkat Bicara

 

 

Tak hanya itu, pihaknya juga turut melakukan penelitian sektor Hankam di bidang komunikasi dan informasi. Hal ini untuk menunjang kelengkapan militer di Indonesia.

“Kita kembangkan penelitian berbasis digital sesuai dengan perkembangan Kominfo yang dilengkapi dengan security, kami juga mendukung penelitian digital untuk penerapan urusan militer,” ujarnya. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

 

 

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment