by

PKL Dulang Rupiah Dari Aksi Unjuk Rasa Buruh

BandungKita.id, KBB – Aksi unjuk rasa ribuan buruh di depan Kantor Bupati Bandung Barat, Senin (22/11/2021) membawa berkah bagi pedagang kaki lima (PKL). Banyaknya massa di sekitar lokasi unjuk rasa membuat dagangan baso tahu milik Amat (26) laris diborong pembeli.

Amat bersama dengan rekan sesama PKL lainnya kerap berjualan di depan Kantor Bupati Bandung Barat apabila ada aksi unjuk rasa. Diakuinya, hal tersebut membawa keuntungan bagi PKL.

“Lumayan ada yang beli. Sampai sore sekarang alhamdulillah sudah dapat Rp300 ribu,” ujarnya kepada BandungKita, Senin (22/11/2021).

Selain untung, dirinya pun tidak perlu bersusah payah berkeliling ke pelosok pemukiman warga untuk menjajakan dagangannya. Ditambah lagi saat pandemi Covid-19 sekarang omzetnya menurun karena daya beli masyarakat juga rendah.

“Kalau biasanya sebelum Covid-19 bisa sampai Rp500 ribu seharian dagang. Nah kalau ada demo mah tinggal mangkal aja, sudah ada yang beli,” kata Amat.

Baca Juga

Buruh Bandung Barat Aksi di Kantor Bupati, Tuntut Kenaikan Upah

Sah! Gubernur Jabar Naikan UMP 2022 Sebesar 1,72 Persen

Pria asal Gunung Halu ini mengaku sudah berjualan baso tahun sejak tahun 2013. Dalam sehari berjualan, dirinya bisa mengantongi keuntungan sekitar Rp100 ribu. Namun bila sedang ramai nominalnya meningkat seiring dengan banyaknya baso tahu yang terjual.

“Sudah delapan tahun jualan ini. Kalau untung ya sekitar Rp100 ribuan. Tapi kalau pas Covid-19 mah palingan cukup buat makan saja dan keperluan sehari-hari saja,” pungkasnya. (Faqih Rohman Syafei)

Comment