by

Aksi Gotong Royong dan Kepedulian Warga Tamansari Bandung di Tengah Pandemi Dipuji Budayawan Acil Bimbo

Dalam Sebulan Terkumpul Donasi Rp 534 Juta

Lurah Tamansari : Tidak Boleh Ada Warga yang Kelaparan

BandungKita.id, BANDUNG – Setelah berinisiatif membentuk Lumbung Darurat untuk membantu warga miskin di wilayah mereka, kini Kelurahan Tamansari, Kota Bandung membentuk Satgas Lembur Siaga Covid 19 di 16 RW Kelurahan Tamansari berikut lumbung pangan atau leuit.

Lurah Tamansari Kota Bandung, Dadang Sobandi, menyebut antusiasme warga Tamansari bersama para donatur lain terlihat saat membentuk lumbung darurat oleh warga RW 12 Tamansari. Setelahnya, Dadang sapaan lurah muda tersebut menginisiasi gerakan Satgas Lembur Siaga Covid-19 di seluruh RW di Kelurahan Tamansari.

Baca Juga:

Di Tengah Wabah Corona, Slankers Asal Tasikmalaya Ini Tetap Gigih Bantu Sesama

Ema Sumarna : Kota Bandung Layak Terapkan PSBB, Ini yang Disiapkan Pemkot Bandung

Patut Ditiru! Warga Tamansari Kota Bandung Kompak Galang Donasi Sembako untuk Warga yang Kesulitan di Tengah Covid-19

Bantu Warga Miskin Terdampak Covid-19, Gerakan Sabandung Bagikan 30 Ribuan Paket Nasi Kotak Setiap Pekannya

“Awalnya yang menginisiasi gerakan ini jajaran kelurahan bersama warga di 16 Rukun Warga (RW) Tamansari, kami juga membentuk lumbung pangan/leuit di sana,” ujar Dadang.

Tercatat, donasi dari warga dan para donatur telah terkumpul sebanyak Rp 534 juta. Dadang mengungkapkan, donasi tersebut kemudian diolah menjadi ratusan paket sembako.

Seperti halnya kegiatan lumbung darurat, para pegiat di posko langsung mendistribusikan paket-paket tersebut ke warga yang membutuhkan yang sebelumnya sudah didata oleh Karang Taruna.

“Alhamdulillah 24 jam Satgas tersebut aktif di masing-masing RW. Bahkan antar Satgas saling membantu untuk memenuhi kebutuhan pangan warga Tamansari terdampak Covid-19,” tambahnya.

Lurah Tamansari : Tidak Boleh Ada Warga yang Kelaparan

Seluruh donasi tersebut, didistribusikan kepada warga terdampak Covid-19 dalam bentuk sembako, bukan uang.

“Bantuan itu berbentuk sembako, soalnya jika didistribusikan dalam bentuk uang, dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh penerima bantuan. Jadi kami mengambil langkah dalam bentuk sembako,” ungkap Dadang.

Dadang beserta masyarakat Kelurahan Tamansari yang terlibat dalam kegiatan ini merasa bersyukur dan memberikan apresiasi untuk petugas dan para donatur yang telah rela dalam satu bulan bekerja bersama demi kegiatan tersebut.

“Saya sampai sujud syukur Kang. Bangga dengan pengurus dan masyarakat yang memiliki kepedulian sangat tinggi ini,” kata dia.

Ia menambahkan, setiap lumbung di tiap RW memiliki stok pangan untuk ketahanan ke depan. Hal itu, kata Dadanf, diwajibkan agar pengurus meminimalisir bahkan menghindari adanya warga yang kelaparan atau tidak bisa makan.

“Jika ada warga yang kehabisan stok pangan yang berdampak kelaparan, dapat segera menghubungi Satgas. Insya Allah pasti dibantu,” beber Lurah Tamansari.

Terpisah, sesepuh Jawa Barat yang juga budayawan Indonesia asal Kota Bandung, Acil Bimbo mengaku sangat mengapresiasi yang dilakukan warga dan jajaran Kelurahan Tamansari. Musisi legendaris juga mengaku sangat bangga dan terharu melihat upaya gotong royong dan aksi kepedulian yang ditunjukkan warga Tamansari tersebut.

Budayawan Jawa Barat, Acil Darmawan Hardjakusumah atau Acil Bimbo mengaku prihatin dengan makin rusaknya lingkungan di Bandung Raya dan Jawa Barat (foto:net)

“Itu sangat bagus dilakukan di tengah pandemi ini. Alhamdulillah ada sebuah kebersamaan dan kepedulian dari semuanya,” ungkap Acil Bimbo kepada Bandungkita.id lewat telephone selularnya Kamis 21/05/2020.

Lebih jauh, pemilik nama lengkap Darmawan Hardjakusumah ini mengungkapkan pentingnya gerakan sosial budaya seperti yang dilakukan Warga Tamansari Kota Bandung di tengah situasi sulit seperti saat ini.

“Inilah yang disebut gerakan sosial budaya. Semua harus bersama-sama, bergotong royong dan terus mengajak semua pihak untuk saling bersama menghadapi kebencanaan seperti pandemi Covid-19 ini. Insya Allah jika tidak berhalangan, saya akan mengunjungi mereka (warga Tamansari) sambil ngabuburit ke sana”¬†ujarnya.

Tonton Juga:

Untuk itu, disamping melakukan penggalangan dana bagi korban Covid-19, Acil juga memberikan pesan bagi warga Tamansari maupun masyarakat Jawa Barat pada umumnya.

“Pesannya semua harus terlibat. Semua harus peduli. Dengan kebersamaan dan doa kita semua, semoga pandemi ini segera berakhir. Semuanya dapat pulih dan normal seperti sedia kala,” tutur Acil Bimbo mengakhiri percakapan selular kami. (Dona hermawan/BandungKita.id)

Editor: Dhomz

Comment