by

Viral! Foto Pasien Covid-19 Numpuk di Selasar IGD RSHS, Begini Penjelasannya

BandungKita.id, Bandung – Foto yang memperlihatkan sejumlah pasien Covid-19 dirawat di selasar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) menggegerkan dunia maya.

Pelaksana harian (Plh) Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS, dr. Yana Akhmad Supriatna membenarkan foto tersebut. Dijelaskannya, hal tersebut terpaksa dilakukan karena terjadi lonjakan pasien Covid-19.

“Kalau foto itu memang betul kondisi di RSHS 2-3 hari lalu. Saat terjadi peningkatan kedatangan pasien yang saat bersamaan itu sampai kedatangan itu 50 orang lebih, kalau dilihat jumlah itu sampai 70-an pada saat itu,” katanya, Jumat 25 Juni 2021.

Dia mengatakan, ketika itu perawatan untuk pasien Covid-19 untuk sementara dipindahkan di Selasar IGD RSHS. Sebelum penanganan lebih lanjut, pasien terlebih dahulu diobservasi oleh tenaga kesehatan.

Yana menyayangkan beredarnya foto tersebut hingga viral di media sosial. Ditegaskannya, bahwa foto tersebut bukan disebarkan oleh pegawai RSHS dan juga tidak berizin.

“Kami melakukan observasi sebelum pasien itu direlokasi, namun demikian foto itu bukan dari kami, baik pegawai atau izin dari kami,” katanya.

Baca Juga:

KBB Zona Oranye, Destinasi Wisata Boleh Buka dengan Aturan ini

Parah! Debt Collector BAF Jegal Motor Karyawan Media Saat Bertugas

Kasus COVID-19 Melonjak, Pemda KBB Lakukan Vaksinasi Massal di Sejumlah Titik

Antisipasi Pelayanan

Dia menyebutkan RSHS telah menyiapkan antisipasi agar peristiwa dalam foto tersebut tidak terulang kembali. Mengingat, sampai sekarang jumlah kasus harian Covid-19 di Bandung Raya terus meningkat.

“Sesuai arahan pemerintah pusat seluruh rumah sakit harus meningkatkan kapasitas tempat tidur, termasuk RSHS. Dalam 1-2 hari ke depan, RSHS akan ada peningkatan kapasitas tempat tidur,” ucapnya.

Meningkatnya jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSHS terjadi pasca libur panjang lebaran. Bahkan, dalam sehari ada 6-11 orang pasein baru yang dirawat di RSHS.

“Sekarang ini sudah mulai 50-an hariannya, sehingga sudah beberapa kali lipat peningkatannya. Saat ini yang datang ke RSHS mulai dari sedang, berat, malah sudah yang kritis,” pungkasnya. (Faqih Rohman Syafei/BandungKita.id) ***

Editor: Agus SN

Comment