by

200 Nakes RSHS Positif Covid-19, Jumlahnya Meningkat Sejak Mei

BandungKita.id, Bandung – Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Irayanti menyebutkan sebanyak 200 tenaga kesehatan di RSHS terpapar Covid-19 berdasarkan hasil test PCR beberapa waktu lalu. Jumlah ini mengalami peningkatan signifikan sejak Mei 2021.

“Dibandingkan dengan Mei jelas ada peningkatan. Setelah dilakukan screening massal ada sekitar 200 nakes yang terpapar,” katanya, Jumat 9 Juli 2021.

Dia mengatakan, test PCR kepada para nakes merupakan bentuk upaya mengendalikan penyebaran Covid-19. Test ini dilakukan pasca terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kota Bandung dalam beberapa waktu terakhir.

“Yang terpapar atau positif Covid-19 ini, ada yang dirawat dan ada yang isolasi mandiri. Tapi paling banyak yang isoman,” ucapnya.

Banyaknya nakes yang terpapar berdampak pada pelayanan pasien Covid-19 di RSHS, oleh karena itu pihaknya telah meminta Kementerian Kesehatan untuk menambah relawan kesehatan. RSHS juga mengoptimalkan nakes yang masih ada sehingga pelayanan masih bisa maksimal.

“Optimalisasi pada tenaga yang dialihkan tersebut dan inilah kita mengontrak tenaga-tenaga yang diperlukan untuk bagaimana supaya bisa terlayani semuanya,” katanya.

BACA JUGA:

Dinkes Kota Bandung Klaim Keterisian BOR Turun

Pemkot Bandung Sediakan 132 Tempat Isoman Bagi Pasien Covid-19

Vaksinasi di Jabar, Menkes: Target 200 Ribu Orang Sehari

Sementara itu, Irayanti menyebutkan keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di ruangan ICU RSHS mengalami peningkatan sebesar 30 persen sejak Mei 2021. Sedangkan di ruangan isolasi meningkat lebih dari 50 persen.

“Ini memang kita melihat bahwa dari bulan Juni kemarin sampai bulan Juli terjadi peningkatan pasien Covid-19. Kemarin itu kami sempat menurunkan jumlah tempat tidur dengan peningkatan kasus kita harus menambah lagi dan harus menambah lagi,” pungkasnya. (Faqih Rohman Syafei/BandungKita.id)***

Comment