oleh

Wisata Gastronomi Berpotensi Dikembangkan di Jawa Barat

BandungKita.id, BANDUNG – Salah satu sektor wisata di Jawa Barat yang perlu mendapat perhatian lebih adalah sektor tata boga atau wisata gastronomi. Pasalnya, dengan kemajemukan jenis kuliner Jawa Barat wisata gastronomi dinilai dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Jawa Barat.

Pendiri Pusat Belajar Warisan Budaya Gastronomi Sunda (PBWBGS) Dewi Turgarini mengatakan, di Jawa Barat ada 303 jenis makanan namun belum terpetakan sebagai tujuan khusus wisata kuliner.

“Ini terungkap dari penelitian yang saya lakukan jadi ada 330 jenis makanan yang belum ditetapkan sebagai destinasi khusus wisata ini perlu dikembangkan sebagai wisata khusus sektor gastronomi,” kata Dewi, Selasa (5/11/209).

Dewi menjelaskan, sektor pariwisata di Jawa Barat kini hampir menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah Provinsi (PADP) sebanyak 70 persen dan hal tersebut harus ditingkatkan juga dari segi Gastronominya.

 

BACA JUGA:

Bukan Cuma Bahasa Asing, Generasi Muda Juga Perlu Kuasai Bahasa Pemrograman

 

“Berdasarkan penelitian, dari jenis kalau mungkin dari tipe makanan kemudian juga kudapan, minuman segar dan juga minuman panas di Jawa Barat itu sangat banyak sebetulnya, hanya memang masih belum dibuat secara spasial dan belum di buat paket wisata khusus Gastronomi Jawa Barat yang memang perlu diperhatikan,” kata perempuan yang juga Ketua Program Studi Manajemen Katering UPI tersebut.

Pihaknya mengatakan cukup mengapresiasi dan mendukung penuh segala upaya yang dilakukan Pemprov Jawa Barat dalam mengembangkan wisata gastronomi yang selama ini terus dilakukan meski terus perlu dioptimalkan

“Provinsi Jawa Barat sudah berusaha betul untuk mengangkat potensi wisata Gastronomi dengan Festival festival yang hampir setiap minggu ada dan yang perlu di perhatikan adalah, bagaimana festival festival tersebut bisa naik brandingnya ke level internasional,” tuturnya. (Tito Rohmatulloh/BandungKita)

Editor: Dian Aisyah

Komentar