by

Diperiksa KPK Sebagai Saksi, Mang Oded Dicecar 6 Pertanyaan Terkait Kasus RTH

BandungKita.id, BANDUNG – Wali Kota Bandung Oded M Danial atau akrab disapa “Mang Oded” memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Satuan Sabhara Polrestabes Bandung, Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Jumat (4/9/2020).

Dengan menggunakan batik dan celana katun hitam, Oded datang ke kantor Sabhara Polrestabes Bandung. Orang nomor satu di Kota Bandung itu diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan korupsi pengadaan tanah Ruang Terbuka Hijau (RTH) oleh Pemerintah Kota Bandung tahun 2012-2013.

“Saya tadi diperiksa sebagai saksi dimintai keterangan atas (kasus) RTH di Kota Bandung, Insha Alloh lancar karena gak banyak pertanyaan. Lupa lagi, lima atau enam pertanyaan,” ujar Oded usai pemeriksaan di gedung Satuan Sabhara Polrestabes Bandung, Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Jumat (4/9/2020).

Oded menyebut, sejumlah pertanyaan yang diajukan penyidik menyoal tentang tugas pokok dan fungsi saat dirinya menjabat sebagai anggota dewan. Lalu terkait proses pembahasan RTH, dan siapa sosok Dadang Suganda.

BACA JUGA :

Mang Oded Bantah Dipanggil KPK Terkait Dugaan Korupsi RTH, Begini Pendapat Pengamat

Tersangka Korupsi Proyek RTH Kota Bandung Ditahan KPK, Negara Rugi Rp 69 Miliar

KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Pengadaan RTH Kota Bandung, Ini Identitas dan Perannya

Terancam Sanksi Pidana, Pengusaha Diduga Sulap RTH di Jalan Merdeka Kota Bandung Jadi Bangunaan Komersil

“Kemudian bagaimana proses pembahasaan anggaran dulu, dan pertanyaan lainnya,” ungkapnya seperti dikutip dari Fokus Jabar.

Menyoal program RTH, Oded menjelaskan, kondisi RTH di Kota Bandung pada saat itu masih jauh dari kata ideal. Pasalnya proyek itu baru selesai sekitar 30 persen. Walhasil, pemerintah kota (Pemkot) Bandung pun mengalokasikan sejumlah dana.

“Kita masih jauh (soal RTH), dan kota menggangarkan secara normatif dan semua sepakat. Saya kira RTH masih 30 persen,” ujar Oded.

Sebelumnya, surat pemanggilan pemeriksaan sudah dikirmkan KPK kepada Oded M Danial pada Rabu (2/9/2020). Akan tetapi, wali kota Bandung itu mengaku belum menerima langsung surat pemanggilan pemeriksaan tersebut.

Akhirnya, Oded diperiksa pada Jumat (4/9/2020) ini di Gedung Satuan Sabhara Polrestabes Bandung. Oded tiba sekitar pukul 9.30 WIB dan baru selesai pada pukul 13.00 WIB. Dalam pemeriksaan, Oded didampingi Kabag Humas Kota Bandung Sony Teguh Prasatya. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment